Jumat, 30 Juli 2010

Persiapan Menghadapi Ramadhan

Bismillahirrahmanirrahiim

Waktu berjalan terasa begitu cepat. Dari detik ke detik, menit ke menit, jam ke jam, hari ke hari, minggu ke minggu, bulan ke bulan. Kini kita berada di penghujung dari bulan sya'ban tahun 1431 H. Itu artinya, beberapa hari lagi kita akan kedatangan tamu yang mulia, bulan yang penuh dengan keberkahan dan kemuliaan. Bulan dimana semua amal ibadaha dilipat gandakan. Bulan dimana diturunkannya Al-Quran. Bulan yang di tunggu-tunggu kedatangannya oleh orang yang mengetahui faidah yang ada di dalammya.
sebagaimana sabda nabi Muhammad SAW : "Kalau umatku tahu kebaikan yang ada pada bulan ramadhan, niscaya dia akan menginginkan dalam satu tahun seluruhnya bulan ramadhan".



Untuk menyambut kedatangan bulan yang mulia ini, ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan agar kita dapat beribadah secara optimal di bulan ramadhan yang mulia. Setidaknya ada empat hal yang harus kita persiapkan untuk menyambut ramadhan:

Pertama,
Persiapan ruhiyah (hati). Sebelum datang bulan ramadhan, kita harus benar-benar mempersiapkan hati kita terbebas dari aqidah yang menyesatkan. Sebab segala amal ibadah yang kita lakukan tidak akan mendapatkan pahala apa-apa kalau aqidah kita masih belum benar. Oleh karena itu kita harus berusaha untuk membersihkan hati (tazkiyatun nafs).
Aqidah yang benar dan hati yang bersih akan mendatangkan keikhlasan dalam beribadah.

Kedua,
Persiapan Fikriyah (akal). Penting bagi kita untuk mengetahui atau mendalami ilmu yang berkaitan dengan ibadah-ibadah ramadhan. sebab ibadah yang dilakukan tanpa ilmu akan sia-sia belaka. Nabi Muhammad menggambarkan "Berapa banyak orang yang berpuasa tetapi dia tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya selain lapar dan haus". hal itu terjadi karena berpuasa tanpa didasari dengan ilmu.

Ketiga, Persiapan Jasadiyah (Fisik). Dengan jasad atau fisik yang kuat kita akan dapat menjalankan ibadah di bulan ramadhan dengan optimal

Keempat, Persiapan maliyah (hharta).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar